Sunday, January 8, 2017

[ Sukses ] Pengalaman Memperbaiki Laptop Acer 4738G Mati saat Booting

Dexter / / 0
Ok, ini adalah pengalaman saya bongkar laptop. hal ini karena saya lelah dengan servis laptop yang keseringan, yang katanya masalah chipset.. pas terakhir saya coba bongkar sendiri laptop acer 4738G ini.. awalnya saya berfikir sama kesalahan terletak pada masalah chipset. saya fokus pada chipset.tapi chipset tidak menunjukan sama sekali pernah di bongkar..hmm jadi curiga apakah selama ini saya dibohongi sama tukang servis yg tiap servis katanya chipsetnya rusak dan biayanya 400.000..

Ok saya googling2 katanya laptop dengan gejala-gejala mati saat booting adalah karena kapasitor prosesor yg rusak..kemudian saya masih kurang yakin, dan emang susah juga bongkar tuh kapasitor.. akhirnya saya pikir2 gejala ini adalah gejala prosesor kepanasan.. awalnya saya coba dengan pasta gigi (wkwkwk pasta versi murah) masih sama saja gejalanya..mulai putus asa deh.. waktu dilab saya nemu peltier dengan pasta pendingin.. akhirnya saya coba oleskan sisa2 pasta tadi ke atas prosesor acer 4738G.. dan Ternyata Sukses tanpa mati sedikitpun.

 kemudian saya pasang baterainya, eh karena baterai terlalu lama tidak dipakai dia tetap 0% walau dicas berjam2.. akhirnya saya coba tutorial aneh yaitu memasukan baterai di dalam kulkas selama 2 hari..
dan Akhirnya SUKSES lagi..alhamdulillah..

Semoga pengalaman ini dapat membantu teman-teman yg sedang mengalami masalah yang sama..

0 comments:

Latest