Sunday, December 1, 2013

Membuat Delay di PLC Mitsubishi Q-Series

Dexter / / 0
Yapz baru-baru ini saya belajar PLC, saat saya mengambil mata kuliah Informatika Industri di Pascasarjana Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh November. Walau saya dah lama kuliah di elektro, jujur saja baru kali ini saya berkenalan secara akrab dengan PLC. 

PLC Mitsubishi Q-Series merupakan PLC yang cukup bagus menurut saya, karena pada PLC Q-series memiliki modul-modul yang cukup untuk dapat membuat kita paham apa sih PLC itu..
pada PLC mitsubishi Q-Series terdapat modul-modul sebagai berikut :
1. Modul Digital Input 64Buah dimulai dari X0 - X3F
2. Modul Digital Output 64Buah dimulai dari Y70 - Y5F
3. Modul Analog Input (ADC)
4. Modul Digital To Analog (DAC)

dalam artikel kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang bagaimana membuat Ladder untuk Delay.. 


sebenernya simple aja sih gimana bentuk laddernya. dari Ladder diatas menyatakan kalau T0 akan didelay selama 60x100ms alias 6 detik. kenapa 100ms?untuk timer T0-T200 memiliki nilai siklus timer sebesar 100ms

nah dari sini anda bisa mencoba untuk membuat suatu pewaktuan dalam lampu lalu lintas. Jika memiliki kendala tidak punya PLC maka teman-teman bisa menggunakan simulator yang disebut FX-Trainer, bisa dicari di 4shared atau google, kalau tidak ketemu juga, bisa hub saya lewat kmentar dibawah.

0 comments:

Latest