Tuesday, October 14, 2014

Cara membuat Animasi 3D di Matlab-Simulink

Dexter / / 0
Matlab merupakan salah satu software yang sangat cocok buat penelitian dalam bidang engineering matematika dan fisika. Salah satu fungsi matlab yaitu dapat digunakan sebagai perangkat simulasi. untuk melihat prilaku suatu model, matlab dapat menampilkan model secara 3D. dalam kesempatan ini saya ingin berbagi cara membuat animasi 3D dimatlab yang dapat digunakan sebagai tampilan akhir dari simulink.

Dalam tutorial ini matlab yang digunakan adalah matlab 2011.

1. Buka Matlab Simulink.
2. Kemudian Akan muncul Simulink Library Browser
3. Pada kolom sebelah kiri Klik Simulink 3D Animation
4. Pada kolom sebelah kanan Klik kanan VR Sink  lalu add to new model
5. Setelah tampil halaman baru dismulink beserta VR sink   . double klik pada VR Sink, kemudian akan muncul halaman seperti berikut :

6. Anda dapat membuat model anda sendiri atau mencari diinternet dengan contoh kata kunci "vrml plane " atau lainya. karena pada matlab digunakan model vrml dengan file berektensikan *.wrl  
7. Untuk membuat model baru sendiri, klik new . jika ingin menggunakan model dari internet klik browse lalu pilih file anda.dalam tutorial ini saya memberikan contoh pesawat jet. Sebagai contoh disini saya uploadkan file wrl pesawat jet.(saya juga lupa dulu sumbernya dari mana :D) berikut Linknya
Download Model 3D matlab Simulink UAV
8. Maka akan muncul tampilan seperti berikut di kolom VRML tree
centang rotation dan translation, agar model dapat berputar dan berpindah posisi.
9. Klik Apply dan OK.
10. Saat ini Block VR Sink anda memiliki dua buah input seperti gambar berikut :

11. Untuk mengendalikan rotasi model gunakan 4 chanel mux(multiplexer) sebagai input dan untuk mengendalikan translation model gunakan 3 buah changel mux (menyatakan X,Y,Z) sebagai input seperti gambar berikut :

12. Jika sudah klik menu Simulation -> Start lalu klik 2x pada blok VR Sink. maka akan muncul gambar model seperti berikut ini. jika model tidak muncul. putar-putar area simulasi (3D World) dengan mouse sampai didapatkan model. atau menggunakan pengaturan kamera view agar selalu tampil pada model.

Demikianlah tutorial dasar dalam membuat animasi 3D di Matlab Simulink. Silahkan dikembangkan lebih lanjut.  Semoga bermanfaat :)

0 comments:

Latest